Kamis, 24 Mei 2012


MAKALAH BOTANI TUMBUHAN TINGKAT TINGGI
TATA NAMA TUMBUHAN



                                                                                                 

Oleh
                                                          Heriawan
                                             



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) HAMZANWADI SELONG
LOMBOK TIMUR
2012/2013

KATA PENGANTAR
Puji syukur  kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat sehingga makalah yang sederhana ini dapat terselesaikan dengan baik,Alhamdulillah.kedua kalinya tak lupa pula kami haturkan solawat beserta salam atas keharibaan junjungan alam nabi kita nabi besar muhammad SAW yang telah membawa risalah sehingga kita dapat mengecap indah nya nikmat iman dan islam seperti sekarang ini.
Kami ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing  yang telah memberikan kami tugas walaopun jauh dari kesempurnaan, dan terimakasih kami ucapkan kepada rekan rekan yang telah membantu kami membuat makalah ini dengan segenap tenaga sehingga terbentuklah makalah ini. maka dari itu besar harapan kami akan kritik dan saran yang sifat nya membangun untuk tercapainya makalah yang lebih baik dari yang telah kami buat ini.kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memperdalam pengetahuan nya tentang tatanama tumbuhan atau sekedar menambah wawasan




                                                                      Pancor  April 2012
                                                                               Penulis




DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL--------------------------------------------------- i
KATA PENGANTAR------------------------------------------------- ii
DAFTAR ISI---------------------------------------------------------- iii
BAB I PENDAHULUAN--------------------------------------------- 1
A.Latar belakang----------------------------------------------- 1
B. Rumusan Masalah------------------------------------------- 3
C.Tujuan-------------------------------------------------------- 3
D. Manfaat------------------------------------------------------ 3
BAB II PEMBAHASAN---------------------------------------------- 4
A.Pengertian tata nama tumbuhan------------------------------ 4
B.Nama ilmiah tumbuhan--------------------------------------- 8
C.Perinsip dan peraturan tata nama tumbuhan---------------- 10
D.Tingkat kesatuan taksonomi-------------------------------- 13
E.Tipe tata nama tumbuhan----------------------------------- 14
F. Satu takson satu nama-------------------------------------- 15
BAB III PENUTUP-------------------------------------------------- 17
A.Kesimpulan------------------------------------------------- 17
B.Saran-------------------------------------------------------- 17
DAFTAR PUSTAKA------------------------------------------------ 18









BAB I
PENDAHULUAN
A. latar belakang
Sejak manusia mulai mengenal tumbuhan dan hewan sejak itulah di berikan nama nama tumbuhan dan hewan. Orang yunani memberi nama dengan bahasa yunani,orang cina memberi nama dengan bahasa cina,orang mesir memberi nama dengan bahasa mesir,demikian seterus nya. Nama adalah suatu yang mutlak perlu untuk dapat menyebut yang di maksud. Ahli ahli taksonomi kemudian berusaha menerbitkan hal hal yang berhubungan pemberian nama supaya tercipta suatu sistem tata nama yang mantap,sederhana,dan mudah dipahami,dan dapat di gunakan oleh ahli ahli taksonomi di seluruh dunia. Oleh karena itu,lahirlah sistim nama ganda(binary atau binomial nomenclature)menurut carolus linnaeus. Hal itu karena carolus linnaeus merupakan orang yang pertama secara konsisten menerapkan sistem tersebut yang terdapat dalam buku nya yang berjudul spesies plantarum terbit pada 1 mei 1753.  dengan demikian, tanggal 1 mei 1753 titik tolak berlaku nya tata nama hewan yang di akui setelah terbit nya buku karya Linnaeus yang berjudul systema nature edisi X tahun 1758. Tata nama tumbuhan berlaku secara internasional pada tahun 1876 dan untuk tatanama hewan pada tahun 1898, sehingga carolus linnaeus di kenal sebagai Bapak Taksonomi.
Nama nama tumbuhan dan hewan yang di kenal sekarang sebagai nama ilmiah atau sering kali di kenal dengan nama latin atau nama dalam bahasa latin, yang sebenar nya nama ilmiah ini tidak hanya berasal dari bahasa latin saja, tetapi dapat di ambil dari bahasa apa saja bahkan ada yang di bentuk secara sembarang (arbitarary).lebih tepat jika nama ilmiah adalah nama nama bahasa yang di perlukan sebagai bahasa latin,tanpa memperlihat kan dari mana asal kata di atur dalam kode internasional tata nama tumbuhan dan tata nama hewan yang memberi indikasi untuk kategori takson. Nama itu di berikan pada tumbuhan maupun hewan dan untuk setiap takson dengan definisi, posisi, dan tingkat tertentu,tapi hanya ada satu nama yang benar.
Sekalipun dari segi ilmiah nama sudah ada,tetapi orang awam banyak mengenal nya dengan nama biaasa (nama dalam bahasa daerah). Nama tersebut tidak mengikuti ketentuan manapun dan hanya bersifat lokal, tetapi tidak jelas untuk kategori  takson yang mana nama di berikan. Biasanya satu taknson dapat mempunyai lebih dari satu nama yang berbeda beda menurut bahasa yang berbeda beda menurut bahasa yang menyebutkan. Kadang nama biasa dari tumbuhan dan hewan tetap di perlukan, karena nama ilmiah nya belum ada atau tidak ada.
 B. rumusan masalah
             1.     Apa sajakah urutan takson dan istilah-istilah yang digunakan?
             2.     Bagaimana cara menyusun diskripsi lengkap suatu tanaman?

C. tujuan
1.Untuk penemuan flora-flora di dunia
2.Memberikan sebuah metode identifikasi dan komunikasi yang tepat
3.Menghasilkan sistem klasifikasi yang terkait dan menyeluruh
4.Memberikan nama ilmiah yang benar pada setiap takson tumbuhan  sesuai dengan aturan tata nama tumbuhan
.5.Membuat keteraturan dan keharmonian ilmu pengetahuan mengenaiorganisme sehingga tercipta suatu sistim yang sederhana dan dapatdigunakan orang lain
D. manfaat
1.kita bisa mengetahui urutan dari masing masing takson
2.untuk memudah kan dalam pemberian nama nama tumbuhan
3.kita bisa mengetahui tingkatan tingkatan dalam taksonomi
4.mempermudah dalam pengelompokan tumbuhan tersebut





BAB II
PEMBAHASAN
A.pengertian tata nama tumbuhan
Taksonomi tumbuhan adalah ilmu yang mempelajari penelusuran, penyimpanan contoh, pemerian, pengenalan (identifikasi), pengelompokan (klasifikasi), dan penamaan tumbuhan. Ilmu ini merupakan cabang dari taksonomi.
Taksonomi tumbuhan (juga hewan) sering kali dikacaukan dengan sistematika tumbuhan dan klasifikasi tumbuhan. Klasifikasi tumbuhan adalah bagian dari taksonomi tumbuhan. Sistematika tumbuhan adalah ilmu yang berkaitan sangat erat dengan taksonomi tumbuhan. Namun demikian, sistematika tumbuhan lebih banyak mempelajari hubungan tumbuhan dengan proses evolusinya. Dalam sistematika bantuan ilmu seperti filogeni dan kladistika banyak berperan. Di sisi lain, taksonomi tumbuhan lebih banyak mempelajari aspek penanganan sampel-sampel (spesimen) tumbuhan dan pengelompokan (klasifikasi) berdasarkan contoh-contoh ini.
Ilmu taksonomi tumbuhan mengalami banyak perubahan cepat semenjak digunakannya berbagai teknik biologi molekular dalam berbagai kajiannya. Pengelompokan spesies ke dalam berbagai takson sering kali berubah-ubah tergantung dari sistem klasifikasinya
Mula mula manusia membedakan makhluk hidup hanya atas dua kelompok yaitu kelompok yang bermanfaat dan kelompok yang tidak bermanfaat.kemudian pengelompokan atau penggolongan makhluk hidup berkembaang dengan cara lain, misal nya:
a.berdasarkan lingkungan tempat nya hidup, di bedakan tumbuhan air (hidrofit), tumbuhan yang hidup di tempat kering (xerofit) tumbuhan yang hidup di rawa atau air yang berkadar garam tinggi (halofit) tumbuhan daratan tinggi , tumbuhan daratan rendah dan lain sebagainya.
b.berdasarkan ukuran besarkecil nya, di bedakan tumbuhan rumput rumputan, tumbuhan perdu, tumbuhan pepohonan, dan lain sebagai nya.
c.berdasarkan kegunaan nya, di bedakan atas tanaman pangan, tanaman obat obatan, dan lain sebagai nya.
Penggolongan makhluk hidup di sebut klasifikasi,selanjut nya berkembang sistim sistim tertentu yang di gunakan untuk menggolongkan makhluk hidup, dan lahir lah istilah sistematik.
Sistematika sampai sekarang ini di gunakan sebagai salah satu cabang biologi yang ruang lingkup nya mencakup klasifikasi dan tata nama.kelompok makhluk hidup hasil dari klasifikasi di kenal dengan takson maka muncullah istilah taksonomi.
Sistem klasifikasi makhluk hidup teerus berkembag, berbagai sistem bermunculan.perbedaan terletak pada tujuan dan dasar yang di pakai untuk klasifikasi. Sampai sekarang di kenal 3 macam klasifikasi  yaitu: sistem artifisal (buatan )alami dan filogenetik.
1.sistim klasifikasi artifisal (buatan)
Klasifikasi sistem numerik di anggap sama dengan sistim artifisal. Semua sistim klasifikasi yang di ciptakan orang sejak zaman Aristotels sampai abad ke 18 di anggap sistim artifisal yang artinya yaitu sistim klasiikasi yang mengutamakan tujuan praktis di samping memperoleh ikhtisar dunia makhluk hidup. Sistim ini di dasarkan atas kegunaan atau sifat sifat tertentu, tujuan dapat melakukan identiikasi.contoh dunia tumbuhan terdiri dari pohon,perdu,semak, dan gulma.

2.sistim klasifikasi alamiah
Kira kira abad ke -18 sampe abad pertengahan ke 19 ada beberapa ahli yang menciptakan klasifikasi sistim alam dalam bidang taksonomi tumbuhan,yaitu ahli botani taksonomi prancis michael adamson(1727-1806)  dan naturalis prancis, jean baptiste de lamrack(1744-1829)
Klasifikasi sistem alam adalah suatu sistem klasifikasi yang mencita citakan terbentuk nya takson takson yang bersifat natural alami. Takson yang terbentuk mencakup angota angota di kumpulkan dalam suatu klompok seperti di kehendaki oleh alam. Hal ini di lakukan berdasarkan banyak sedikit nya persamaan terutama persamaan sifat sifat marfologi. Misalnya mengelompokkan pepaya, mangga,p isang, jambu dalam kelompok tumbuhan berbunga tanpa memandang habitus nya/perawakan nya. Atau mengelompokkan tumbuhan alga , jamur, lumut dan paku dalam kelompok tumbuhan tak berbunga.
3.sistim klasifikasi filogenetik
Lamrack sebagai pelopor sistem filogenetik dengan buku nya Philodophie Zoologique (1809) kemudian Charles Darwin naturalis inggris (1809-1882) yang buku nya berjudul On the Origin of Species by Means of Natural Slection (1859) mengemukakan sistem klasifikasi tumbuhan dan hewan yang slalu di usahakan dengan pendekatan filogenetik atau sistim filogenetik.
Sistem filogenetik merupakan sistim klasifikasi yang muncul setelah lahir nya teori evolusi filogenetik.dalam sistim ini di kehendaki ada nya ikhtisar yang mencerminkan hubungan kekerabatan sekaligus urutan perkembangan makhluk hidup secara filogenetik serta jauh dekat nya hubungan kekerabatan antara takson yang satu dengan yang lain. Dalam sistim klasifikasi ini selain sifat sifat marfologi dan anatomi,di pertimbangkan juga sifat sifat yang lain nya. Dalam perkembangan selanjut nya sistim filogenetik selalu di usahakan penyempurnaan nya dengan pendekatan baaru. Misalnya dalam penentuan jauh dekat nya hubungan kekerabatan antara takson yang satu dengan takson yang lain nya pada tumbuhan.
Tumbuhan tembakau mengandung nikotin, tumbuhan kecubung mengandung skopolamin. Kedua tanaman ini mempunyai alkaloida yang sejenis, maka kedua tumbuhan tersebut di kelompokkan dalam suku yang sama, yaitu solanaceae. Sejalan dengan perkembangan biologi, sistim klasifikasi pun berkembang. Banyak ahli yang mengemukakan pendapat nya tentang klasifikasi. Manurut weiz (1961)organisme di golongkan menjadi 4 kelompok yaitu monera, protista, metaphyta, dan metazoa.
Wettaker dan margulis (1974) mengemukakan alternatif lain di mana organis me di klompokkan ke dalam 5 kelompok organisme yaitu monera, protista, fungi, plantae,  dan animalia.
Sedangkan pimentel (1983) membagi organisme dalam 4 klompok yaitu monera, protista, plantae dan animalia.
Sistim klasifikasi yang banyak di gunakan sekarang adalah 5 kingdom:
1.kingdom monera: melipoti bacteria dan cyanobacteria(alga hijau biru)
2.kingdom protista: meliputi jamur lendir, amoeba, sporozoa, ciliata dan diatomae
3. kingdom fungi: meliputi mycota/jamur
4.kingdom plantae: meliputi  alga lumut, paku, dan tumbuhan biji.
5.kingdom animalia: meliputi vertebrata dan invertebrata.


B. nama ilmiah tumbuh tumbuhan
Nama ilmiah adalah ”nama-nama dalam bahasa yang diperlakukan sebagai bahasa Latin, tanpa memperhatikan dari bahasa mana asalnya kata yang digunakan untuk nama tadi”. Salah satu keuntungan nama ilmiah ialah bahwa penentuan, pemberian atau cara pemakaiannya untuk setiap golongan tumbuhan dapat dilakukan berdasarkan suatu aturan atau sistim tatanama (Rifai, 1973). Nama ilmiah juga merupakan suatu kunci pembuka khazanah ilmu pengetahuan tentang suatu jenis, karena dengan menggunakan nama ilmiah maka segala perbendaharaan pengetahuan manusia yang terkumpul dalam pustaka-pustaka akan terbuka bagi kita untuk ditelusuri, dipelajari, ditelaah, diolah dan dimanfaatkan
Nama ilmiah suatu jenis merupakan penggabungan 3 hal :
1. Genus
2. Spesies epithet (penunjuk jenis)
3. Author
Contoh : Daucus carota, L.
Nicotiana tabacum, L
Nama-Nama Genera
 Kata benda tunggal dalam bahasa Latin atau dilatinkan dengan inisial huruf besarØ
 Setelah penulisan pertama pada genus yang sama boleh disingkat, contoh: Quercus alba → Q. alba, Q. rubra
 Tidak boleh terlalu panjang
 Tidak boleh menggunakan nama yang sama dengan jenisnya
Contoh: Salacca zalaccaÕ tidak dianjurkan
Penunjuk Jenis
 Biasanya berupa kata sifat, akhirannya disesuaikan dengan nama marga.
Contoh: Syzygium aromaticum
 Dalam bahasa Latin atau dilatinkan
 Bisa berasal dari berbagai bentuk (nama orang, nama tempat, nama umum, dll.)
 Tidak boleh terlalu panjang
 Tidak boleh mengulang nama marga
 Ditulis dengan huruf kecil dan apabila terdiri dari 2 suku kata harus diberi tanda
sambung.
Contoh: Hibiscus rosa-sinensis
Ipomea pes-capre
Author
Author adalah nama pengarang yang menerbitkan nama sah takson itu untuk pertama kali. Tujuan pencantuman nama author adalah supaya penunjukan nama suatu takson tepat dan lengkap serta memudahkan penelitian tentang keabsahan nama.
Contoh : Daucus carota L. (L.Õ Linnaeus)
Vernonia acaulis (Walter) Gleason
Penamaan cultivar dan varietas
Nama cultivar biasa disingkat dengan c.v. tidak dalam bahasa Latin atau dilatinkan. Contoh : Mangifera indica c.v. harum manis, Citrullus lanatus c.v. Crimson sweet.
nama varietas biasa disingkat var. ditulis dalam bahasa Latin atau dilatinkan. Contoh : Licuala gracilis var. Gracilis, Oryza sativa var. Javanica.

C. perinsip dan peraturan tata nama tumbuhan
1. Tatanama botani tidak berhubungan dengan tatanama zoologi. Nama yang sama yangdiberika  pada tumbuhan bisa juga digunakan ahli zoologi pada hewan
2. Pelaksanaan penamaan di dalam kelompok taksonomi ditentukan dengan menggunakan tipetatanama. Tipe untuk famili adalah genus, tipe untuk genus adalah jenis, tipe untuk jenis adalahspesimen dan seterusnya.
3. Tatanama dari kelompok taksonomi haruslah berdasar pada prioritas publikasi, dan namayang benar adalah nama yang telah dipublikasi terlebih dahulu dan mengacu pada aturan-aturan. Tatanama yang telah dipublikasikan lebih dulu harus dipakai sebagai dasar pada publikasi berikutnya.
4. Setiap kelompok taksonomi, batasannya, posisinya dan urutannya bisa membuat satu nama yang benar. Nama ilmiah kelompok taksonomi disajikan dalam bahasa Latin tanpa menghiraukan asalnya.
5. Aturan untuk penamaan genus dan penunjuk jenis sama juga dengan yang lain harus dalam bahasa Latin
6. Aturan tatanama adalah berlaku surut kecuali hal-hal yang kecil.
7. Suatu nama yang sah tidak boleh ditolak karena alas an tidak disukai atau karena kehilangan arti aslinya. Contoh: Hibiscus rosa-sinensis, aslinya bukan di Cina. Perubahan nama hanya boleh dilakukan biala sudah betul-betul diteliti taksonominya.
Tumbuhan yang ada di muka bumi ini terdapat dalam jumlah yang sangat besar, maka dari itu dalam keanekaragaman tumbuhan yang amat besar itu ahli-ahli ilmu tumbuhan dapat mengenali kelompok-kelompok dengan persamaan sifat-sifat tertentu, dan setiap kelompok itulah yang disebut dengan takson. Setiap takson mencakup suatu populasi dengan persamaan sifat tertentu. Suatu takson yang merupakan suatu populasi terdiri atas individu-individu dengan sifat-sifat yang sama yang berarti sifat-sifat itu diwariskan dari generasi kegenerasi. Dan populasi itu menempati suatu daerah tertentu yang disebut dengan jenis (spesies).
Beberapa jenis dengan persamaan sifat-sifat tertentu tersebut membentuk suatu takson yang menurut hierarkhi diberi kedudukan dan jenjang yang lebih tinggi yang disebut dengan marga (genus). Setiap marga diberi nama seperti halnya setiap jenis. Selanjutnya sejumlah marga dijadikan satu suku (familia), yang masing-masing diberi nama yang berbeda-beda pula. Satu bangsa (ordo), beberapa bangsa menjadi satu kelas (classis), dan seterusnya. Dalam taksonomi tumbuhan umumnya dibedakan 6 kategori yang menurut hierarkhinya dari bawah ke atas disebut dengan istilah: jenis (spesies), marga (genus), suku (familia), bangsa (ordo), kelas (classis), dan divisi (devisio).
Mengenai nama yang diberikan kepada setiap takson tumbuhan kita kenal istilah dan nama biasa serta istilah dan nama ilmiah. Kode Internasional Tatanama Tumbuhan (international code of botanical Nomenclature) memuat ketentuan-ketentuan pemberian nama kepada tumbuhan menurut jenjang takson masing-masing. Juga memuat ketentuan-ketentuan lain yang bertalian dengan nama tumbuhan. Misalnya mengenai perubahan nama akibat perubahan status takson tumbuhan, ketentuan yang menyangkut publikasi nama dan berbagai hal lainnya yang mempunyai kaitan dengan taksonomi tumbuhan.

a.tata nama untuk nama jenis(spesies)
Nama ilmiah bagi tumbuhan maupun hewan untuk jenis harus bersifat ganda. Artinya nama tersebut terdiri atas dua kata berbentuk tunggal  yang di perlukan sebagai bahasa latin. Kata depan merupakan nama marga dan kata kedua merupakan petunjuk jenis nya. Nama marga di mulai dengan huruf besar dan nama jenis di mulai dengan huruf kecil  sekalipun kata tersebut di ambil dari nama orang atau nama daerah.

Contoh:
a.       Nama jenis (spesies)Carica papaya
Carica adalah nama marga dan papaya adalah nama jenis
Pada  pemberian nama ilmiah dengan menggunakan sistem dwi nama(nama ganda), jika nama jenis tumbuhan terdiri atas lebih dari dua kata, maka kata kedua dan berikut nya harus di tulis dengan di satukan semuanya. Contoh pada tumbuhan kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis) harus di tulis Hibiscus rosa-sinensis atau Hibiscus rosasinesis.
Ketententuan lain dalam pemberian nama ilmiah tumbuhan adalah nama jenis tidak boleh dua kata yang persis sama atau dua kata yang hampir  sama, kecuali pada nama jenis hewan masih dapat di benarkan. Contoh Gallus gallus (ayam). Jenis merupakan takson yang mencakup individu dan keturunan yang menurut pembawaan nya mempunyai sifat siat yang sama, baik marfologi, anatomi,maupun fisiologi. Makhluk hidup sejenis mempunyai jumlah kromosom yang sama, terdapat dalam daerah distribusi yang sama,dan jika antar warga jenis di adakan persilangan atau perkawinan akan menghasilkan keturunan yang subur.

b.tata nama untuk nama marga(genus)
Pada tumbuhan maupun hewan nama marga terdiri atas satu kata benda berbentuk tunggal yang dapat di ambil dari sesuatu katadan huruf pertama di tulis dengan huruf besar.
Contoh : Nama marga tumbuhan: Pinus
Marga merupakan suatu takson yang mencakup sejumlah jenis yang menunjjukkan persamaan dalam setruktur alat reproduksinya.
c.tata nama untuk nama suku (familia)
Bagi tumbuhan, nama suku terdiri atas satu kata berbentuk jamak. Kata tersebut merupakan sifat yang di perlukan sebagai kata benda yang di bentuk dari salah satu marga yang dibawahi kemudian di pilih sebagai tipe tata nama di tambah dengan akhiran aceae.
Contoh: Solanum +aceae menjadi Solanaaceae (terung terungan)
D.tingkat kesatuan taksonomi
Untuk memudahkan penentuan hubungan kekerabatan dan memperlancar pelaksanaan penggolongan tumbuhan, maka diadakan kesatuan-kesatuan taksonomi yang berbeda-beda tingkatnya. Sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang dicantumkan dalam Kode Tatanama, maka nsuatu individu tumbuhan dapat dimasukkan dalam tingkat-tingkat kesatuan taksonomi sebagai berikut (dalam urutan menurun, beserta akhiran-akhiran nama ilmiahnya):
1. Dunia tumbuh-tumbuhan (Regnum Vegetabile)
2. Divisi (divisio -phyta)
3. Anak divisi (sub divisio -phytina)
4. Kelas (classis -opsida, khusus untuk Alga –phyceae)
5. Anak kelas (subclassis –idea)
6. Bangsa (ordo –ales)
7. Anak bangsa (subordo –ineae)
8. Suku (familia –aceae)
9. Anak suku (subfamilia –oideae)
10. Puak (tribus –eae)
11. Anak puak (subtribus –inae)
12. Marga (genus; nama ilmiah marga dan semua tingkat di bawahnya tidak diseragamkan akhirannya)
13. Anak marga (subgenus)
14. Seksi (sectio)
15. Anak seksi (subsectio)
16. Deret (series)
17. Anak deret (subseries)
18. Jenis (species)
19. Anak jenis (sub species)
20. Varietas (varietas)
21. Anak varietas (subvarietas)
22. Forma (forma)
23. Anak forma (subforma)
Urutan tingkat-tingkat kesatuan taksonomi itu tidak boleh diubah atau dipertukarkan. Dengan tidak memperhatikan tingkatnya maka setiap kesatuan taksonomi tersebut (misalnya suku, jenis, varietas) masing-masing disebut takson.
E.tipe tata nama tumbuhan
Untuk menghindari kekacauan dalam pemakaian nama ilmiah maka Kode Internasional Tatanama Tumbuhan (KITT) menetapkan bahwa penerapan nama-nama takson dari tingkat suku ke bawah ditentukan berdasarkan tipe tatanama. Suatu tipe tatanama adalah salah satu unsur penyusun takson yang selalu dikaitkan dengan nama takson yang bersangkutan untuk selama-lamanya. Tipe tatanama tidak perlu merupakan unsur atau spesimen atau contoh yang paling khas daripada takson; tipe hanyalah suatu unsur yang selamanya dikaitkan dengan nama.

Tipe yang digunakan dalam tatanama secara umum adalah:
1. Holotipe (= holotypus), ialah suatu spesimen atau unsur lain yang dipakai oleh seorang pengarang atau ditunjuk olehnya sebagai dasar waktu pertama kali mengusulkan nama jenis baru. Selama holotipe masih ada, penerapan nama yang bersangkutan dengannya dapat dipastikan secara otomatis. Kalau pengarang yang mempertelakan suatu takson tidak menentukan holotipe, atau kalau holotipe hilang maka tipe pengganti atau tipe baru dapat ditunjuk untuk menggantikannya.
2. Tipe pengganti (= Lectotype), ialah suatu spesimen atau unsur lain dari spesimen-spesimen asli (isotopeatau sintipe) yang dipilih untuk menjadi tipe tatanama, kalau holotipe tidak ditentukan atau holotipe hilang atau hancur.
3. Isotipe (= Isotype), ialah duplikat (bagian dari suatu nomor koleksi yang dikumpulkan dalam waktu yang sama) dari holotipe.
4. Sintipe (= Syntypus), ialah salah satu daripada beberapa spesimen atau contoh yang disebutkan pengarang kalau holotipe tidak ditentukan, atau sslah satu daripada beberapa spesimen yang bersama-sama ditunjuk sebagai tipe.
5. Tipe baru (= Neotypus), ialah spesimen yang dipilih untuk menjadi tipe tatanama, kalau holotipe hilang atau rusak dan tidak mungkin untuk menunjuk tipe pengganti karena tidak adanya isotope atau sintipe.
Nama-nama baru yang diusulkan untuk mengganti nama-nama lain, ataupun nama-nama kombinasi baru yang berasal dari nama-nama sebelumnya, haruslah memakai tipe-tipe tatanama dari namanama yang lebih tuaatau yang digantinya.
F.satu takson satu nama
Salah satu asas penting dalam Kode Tatanama yaitu kesatuan taksonomi hanya boleh mempunyai satu namailmiah yang tepat, yaitu nama tertua yang sesuai dengan peraturan-peraturan. Hal ini diadakan untuk mengatasi kemungkinan dipakainya beberapa nama ilmiah yang berlainan untuk suatu takson yang sama (sinonim). Sebaliknya peraturan yang sama juga perlu untuk menghindari pemakaian satu nama ilmiah yang sama untuk beberapa taksa yang berbeda (homonim).
Untuk menghindari penggonta-gantian nama marga dan suku yang timbul sebagai akibat penerapan peraturan-peraturan (terutama asas prioritas) secara konsekuen, maka beberapa nama diawetkan untuk terus dipertahankan pemakaiannya, misalnya:
 Palmae = Arecacea,
Graminae = Poaceae,
Cruciferae = Brassicaceae,
Leguminosae = Fabaceae,
 Guttiferae = Clusiaceae,
Umbelliferae = Apiaceae,
 Labiatae = Lamiaceae,
 Compositae = Asteraceae.










BAB III
PENUTUP
Akesimpulan
Taksonomi tumbuhan adalah ilmu yang mempelajari penelusuran, penyimpanan contoh, pemerian, pengenalan (identifikasi), pengelompokan (klasifikasi), dan penamaan tumbuhan. Ilmu ini merupakan cabang dari taksonomi
Taksonomi tumbuhan (juga hewan) sering kali dikacaukan dengan sistematika tumbuhan dan klasifikasi tumbuhan.
Klasifikasi tumbuhan adalah bagian dari taksonomi tumbuhan. Sistematika tumbuhan adalah ilmu yang berkaitan sangat erat dengan taksonomi tumbuhan
Nama ilmiah suatu jenis merupakan penggabungan 3 hal :
1. Genus
2. Spesies epithet (penunjuk jenis)
3. Author

B.Saran
Demi terwujud nya makalah yang lebih sempurna di pertemuan selanjut nya mohon kritik dan saran nya yang sifat nya membangun supaya tidak terjadi kesalahan dan lebih sempurna dari makalah yang sekarang




DAFTAR PUSTAKA
Jones, S.  B and Luchsinger, A. E. 1987. Plant Systematics International Edition. Singapore:
Mc. Graw Hill. Tjitrosoepomo, G. 1988. Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Yogyakarta: gajah Mada Univ. Press.
Steenis, C.G.G.J. van.1949.Flora voor de Scholen in Indonesia. Noordhoff-  Kolff  N.V.Batavia
Tjitrosoepomo, Gembong. 1990.Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity Press







Tidak ada komentar:

Posting Komentar